Promosi Lebih Mantap Lewat 5 Tahapan Funnel Digital Marketing dan Strategi Ini!

Bagikan Artikel

Di era digital yang semakin berkembang, digital marketing semakin sering digunakan untuk kebutuhan pemasaran. Dengan digital marketing, bisnis mengalami perubahan yang signifikan. Salah satu strategi digital marketing yang populer yaitu funnel. Banyak yang belum tahu bahwa ada beberapa tahapan funnel digital marketing yang dilakukan?

Seperti yang kita ketahui, digital marketing berguna untuk meningkatkan konversi. Tapi tentunya Sobat MEA perlu strategi yang tepat untuk memaksimalkan upaya pemasaran digital ini. 

Sama halnya dengan teknik pemasaran pada umumnya, digital marketing juga memiliki tahapan yang perlu ditempuh. Oleh karena itu, simak uraian tentang tahapan digital marketing di bawah ini:

Table of Contents

Apa Itu Funnel Digital Marketing?

Jadikan Digital Marketing Lebih Efektif dengan Strategi Terbaik Untuk Bisnis
Yuk belajar digital marketing bersama para pebisnis online di Komunitas Bisnis Online MEA

Tapi sebelumnya, Sobat MEA perlu memahami terlebih dahulu pengertian dari funnel digital marketing itu sendiri. Funnel digital marketing adalah salah satu upaya dalam pemasaran digital yang digunakan untuk menghasilkan traffic dan mengubahnya menjadi pembelian serta membangun kepercayaan pelanggan. Dengan kata lain, funnel digital marketing merupakan kunci untuk meningkatkan konversi.

5 Tahapan Funnel Digital Marketing

Menariknya, dengan funnel digital marketing, Sobat MEA dapat mengarahkan traffic menjadi konversi secara terstruktur. Jadi, lakukan strategi funnel yang efektif dan pahami setiap tahapannya serta pantau kinerjanya untuk memaksimalkan hasil pemasaran. Penasaran apa saja tahapan digital marketing yang perlu dipahami dalam pemasaran online? Nah berikut ini adalah 4 tahap digital marketing:

1. Awareness (Kesadaran)

Pertama, ada atau kesadaran. Calon pelanggan akan mulai mengetahui produk atau brand. Tahapan ini merupakan perkenalan dan penting untuk ditindaklanjuti. Setelah mereka sadar akan adanya produk atau brand, Sobat MEA perlu membuatnya tertarik untuk mengenal produk Sobat MEA lebih jauh.

2. Interest (Minat)

Ya, selanjutnya Sobat MEA perlu membangun minat atau interest terhadap produk atau bisnis yang Sobat MEA tawarkan kepada calon pelanggan. Pada tahapan ini, pastikan Sobat MEA memberikan informasi produk secara lengkap, jelas, dan menarik. 

3. Consideration (Pertimbangan)

Selanjutnya, jika calon pelanggan mulai tertarik, biasanya mereka akan mulai mempertimbangkan pembelian terhadap produk atau jasa yang dijual. Pada tahapan consideration ini, mungkin mereka akan membandingkan produkmu dengan produk kompetitor. Di sini, Sobat MEA perlu memberikan penawaran khusus hingga testimoni untuk memenangkan penjualan. 

4. Action (Tindakan)

Setelah itu, biasanya calon pelanggan siap melakukan tindakan atau action berupa pembelian atau hal lainnya. Pada tahapan ini, pastikan Sobat MEA tetap menjaganya hingga calon pelanggan benar-benar siap untuk melakukan aksinya. Itulah mengapa bisnis besar memiliki sales untuk memastikan tahapan ini selesai.

5. Retention (Pengulangan)

Terakhir, ada retention atau pengulangan. Ini berarti setelah ada pembelian yang masuk, penting untuk menjaga hubungan dengan pelanggan. Jangan salah, hal ini dapat membuat mereka langsung kembali ke tahapan action. Sehingga Sobat MEA tidak perlu lagi mengulang 3 tahap pertama.

5 Strategi Funnel Digital Marketing Terbaik

Mau punya website jualan sendiri?
Pakai Gowebin aja. Mudah, simple dan pasti tingkatkan konversi!

Untuk mencapai tahapan-tahapan funnel digital marketing secara maksimal, perlu strategi ekstra yang dapat membantumu mencapai tujuan. Kira-kira ada 5 strategi yang perlu dilakukan. Berikut uraian lengkapnya:

1. Buat Iklan dan Bangun Traffic Organic

Strategi pertama yaitu Sobat MEA bisa membuat iklan dan membangun traffic secara organic. Lakukan secara konsisten untuk mendapatkan traffic dari calon pelanggan yang relevan dengan produk yang dijual. 

Sobat MEA bisa memasang ads di berbagai platform seperti media sosial dan mesin pencari. Di samping itu, bangun traffic organik melalui konten media sosial maupun teknik SEO (Search Engine Optimization) yang menarik. 

2. Optimasi Platform Online

Sobat MEA juga perlu mengoptimasi platform yang dimiliki. Ada banyak platform yang bisa digunakan untuk bisnis online seperti website, media sosial, hingga Sobat MEA perlu melakukan optimasi terhadap platform-platform tersebut untuk memudahkan calon pelanggan dalam mengakses serta memahami produk atau jasa yang ditawarkan. 

3. Content Marketing

Seperti yang disinggung sebelumnya, Sobat MEA perlu membangun traffic organic melalui konten marketing. Ya, ini sangatlah penting. dapat menjadi ujung tombak dalam bisnis online. Pastikan Sobat MEA membuat konten marketing yang menarik. Ada berbagai jenis konten yang bisa digarap seperti edukasi, video tutorial dan masih banyak lagi. 

4. Solution Selling

Sebagai pebisnis, Sobat MEA perlu memberikan solusi kepada calon pelanggan dimana solusi tersebut dapat mengarahkan mereka ke pembelian. Berikan solusi yang sesuai kebutuhan. 

Menurut laman Sales Force, solution selling sendiri merupakan salah satu teknik penjualan yang membantu calon pelanggan dengan memberikan solusi atas kebutuhan mereka melalui produk atau jasa. 

Misalnya, Sobat MEA menawarkan jasa internet marketing, Sobat MEA dapat membedah masalah, menganalisa potensi lalu menawarkan solusi yang terkait. Ingat, solution selling merupakan  yang wajib dimiliki pebisnis. 

5. Sediakan Program Untuk Pelanggan

Agar bisnis lebih menarik, Sobat MEA dapat membuat program yang dapat membuat calon pelanggan menjadi pelanggan setia. Misalnya, Sobat MEA bisa memberikan reward kepada pelanggan yang berbelanja dengan nominal transaksi tertentu atau promo untuk pelanggan baru seperti diskon, hadiah, atau diskon VIP. Dengan begitu, calon pelanggan akan merasa dihargai dan berpotensi menjadi pelanggan yang loyal di kemudian hari. 

Nah, begitulah beberapa tahapan digital marketing yang perlu dikuasai dan ditempuh serta strateginya yang perlu dilakukan. Perlu diingat, proses funnel digital marketing tidaklah instan. Maka dibutuhkan kesabaran dan konsistensi dalam melakukan setiap strateginya untuk mendapatkan tujuan yang diinginkan. Semoga bermanfaat!

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

6 Tips Memilih Platform Affiliate yang Tepat. Perhatikan!

Tanpa Tampilkan Wajah, ini 7 Ide Konten Faceless Instagram

4 Keuntungan TikTok Affiliate. Ternyata Sebanyak itu Loh!